SAPA
(SISTEM AKUNTABILITAS PEMBINAAN ANDIKPAS)
1. Sistem Akuntabilitas Pembinaan Andikpas (SAPA)
Sistem Akuntabilitas Pembinaan Andikpas (SAPA) ini adalah merupakan sistem komunikasi yang memberikan informasi mengenai pertanggungjawaban pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan kepada Orang Tua melalui aplikasi Whatsapp.
Filosofi SAPA itu sendiri diambil dari sebuah kata yaitu "menyapa" yang memiliki makna saling menyapa antara petugas dan keluarga andikpas disamping itu juga untuk menjaga tali komunikasi yang baik antara petugas dan keluarga andikpas. Layanan ini dilaksanakan 2 minggu sekali. Berupa laporan kegiatan Andikpas dengan memberikan foto kegiatan
Manfaat dari informasi ini adalah adanya komunikasi kegiatan yang dilakukan oleh Andikpas kepada Orang Tua, karena sebagian besar Orang Tua Andikpas belum dapat berkunjung ke LPKA Kelas II Palangka Raya dikarenakan akses yang jauh.
2. Tujuan
Sistem Akuntabilitas Pembinaan Andikpas (SAPA) ini adalah merupakan sistem komunikasi yang memberikan informasi mengenai pertanggungjawaban pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan kepada Orang Tua melalui aplikasi Whatsapp.
Filosofi SAPA itu sendiri diambil dari sebuah kata yaitu "menyapa" yang memiliki makna saling menyapa antara petugas dan keluarga andikpas disamping itu juga untuk menjaga tali komunikasi yang baik antara petugas dan keluarga andikpas. Layanan ini dilaksanakan 2 minggu sekali. Berupa laporan kegiatan Andikpas dengan memberikan foto kegiatan
Manfaat dari informasi ini adalah adanya komunikasi kegiatan yang dilakukan oleh Andikpas kepada Orang Tua, karena sebagian besar Orang Tua Andikpas belum dapat berkunjung ke LPKA Kelas II Palangka Raya dikarenakan akses yang jauh.
2. Tujuan
a.Sebagai data dukung pembangunan zona integritas.
b.Mempermudah Keluarga mengakses kegiatan pembinaan yang diterima oleh andikpas
c.Menjalin komunikasi yang baik antara Keluarga dengan Petugas
d.Serta untuk mengobati rasa rindu keluarga terhadap anak/ saudaranya yang sedang menjalani masa pidananya di LPKA Kelas II Palangka Raya.
3. Prosedur
Layanan
a.Memastikan
identitas
keluarga
andikpas
dan
memperkenalkan
identitas
petugas
b.Keluarga
andikpas
memberikan
respon
terhadap
layanan
dan
petugas
menanggapi
respon
tersebut.
4. Cara Kerja
Layanan
Layanan
SAPA
ini
dilaksanakan
2 minggu
sekali,
dengan
mengirimkan
informasi
dengan
format yaitu
:
1) Contoh
Format
Layanan
Via WhatsApp
“Selamat
siang
Bapak/Ibu.
Kami dari
LPKA Kelas
II Palangka
Raya Menyampaikan
kegiatan
anak/saudara
bapak/ibu
selama
tanggal
01-14 maret
2020 (Foto
kegiatan
terlampir)
kegiatan
di ikuti
anak/saudara
bapak/ibu
dengan
baik
dan
kondisi
kesehatan
anak/saudara
bapak/ibu
dalam
keadaan
sehat”.
2) Alur Layanan
a. Petugas melaksanakan pembinaan terhadap andikpas secara rutin.
b. Petugas memfoto semua kegiatan selama 2 minggu.
c. Petugas mengirimkan informasi dan foto kegiatan andikpas sebanyak 2 kali setiap bulan
d. Setelah petugas mengirimkan informasi andikpas kepada keluarga, petugas mengumpulkan hasil dari tanggapan atau respon keluarga untuk dijadikan bahan evaluasi selanjutnya.
5. Contoh Cara Kerja Layanan
6. Hasil Evaluasi
7. Grafik Responden Kepuasan Layanan SAPA
0 Comments:
Posting Komentar